“5 Fears” in Indonesian!

An Indonesian news site picked up and translated the article, “5 Fears That Can Kill a Relationship.”

Tak Perlu Khawatirkan 5 Hal Ini dalam Hubungan

Adi Waluyo

Metrotvnews.com: Penyebab keretakan hubungan sangat beragam. Tak hanya pertengkaran saja yang membuat hubungan menjadi retak, terkadang pikiran negatif juga bisa menjadi pemicu hingga menyebabkan perpisahan.

“Pikiran bisa menjadi ramalan yang akan terjadi dengan sendirinya,” kata Michelle Skeen, PsyD, penulis dari Love Me, Don’t Leave Me: Overcoming Fear of Abandonment & Building Lasting, Loving Relationships.

“Ketika Anda membiarkan rasa takut dan kekhawatiran keluar dari kontrol, Anda secara teratur menyampaikan pesan tersebut, dan ini bisa menjadi racun bagi hubungan Anda,” tambahnya.

Inilah pikiran-pikiran yang dapat menjadi pemicu keretakan hubungan.

1. “Dia akan meninggalkan saya”
Semakin lama Anda berpikir jika ia akan meninggalkan Anda, akan muncul ketakutan dan ini hanya akan memperburuk hubungan Anda. Pikiran negatif lainnya pun akan muncul seperti khawatir jika ia akan melirik orang lain. Untuk menhindarinya, Anda bisa mengingat masa-masa indah bersama si dia, mengingat hal-hal terbaik yang pernah dilakukan oleh pasangan Anda. ini bisa mneghikangkan pikiran-pikiran negatif dari diri Anda.

2. “Kita terlalu dekat”
Pikiran ini bisa saja muncul saat Anda terlau dekan dengan orang lain selain pasangan Anda. Muncul kekhawatiran jika pasangan tahu sifat asli Anda dan meninggalkan Anda.

“Cara lain untuk melihat ini adalah keyakinan bahwa Anda tidak akan mendapatkan apa yang Anda butuhkan secara emosional dari orang lain. Hal ini bisa dipicu karena Anda terlalu dekat dengan seseorang,” kata Skeen.

3. “Dia curang”
Saat pasangan Anda memberitahu jika ada pekerjaan keluar kota atau pulang terlambat, Anda segera berpikiran yang tidak-tidak dan curiga. Ini tentu saja melelahkan untuk Anda begitu pun untuk pasangan Anda.

“Jika ini adalah pikiran yang sering muncul dengan siapa pun Anda berkencan, bahkan jika mereka telah memberikan alasan untuk percaya bahwa mereka tidak akan mengkhianati Anda, maka Anda mungkin memiliki inti keyakinan tentang ketidakpercayaan,” kata Skeen.

4. “Saya tidak cukup baik untuknya”
Buang jauh-jauh pikirahn yang hanya akan membuat Anda tak pantas untuk pasangan Anda. Pemikiran seperti Anda tak cukup cantik, seksi, pintar atau apa pun itu. Sebab ini hanya akan menyakiti diri Anda sendiri. Manusia tak akan pernah merasa cukup, hanya saja Anda tinggal berusaha untuk menjadi cukup bagi pasangan Anda.

5. “Dia tidak cukup baik untuk saya”
Pasangan Anda tidak bisa melakukan sesuatu dengan benar. Inilah yang membuat Anda berpikir jika dia tak pantas untuk Anda. Namun ini bisa juga dipicu karena ketidakpercayaan Anda pada diri sendiri.

“Ini adalah sabotase pikiran yang sering muncul sebagai ‘pertahanan’ terhadap perasaan atau kegagalan Anda sendiri. Dalam situasi ini, Anda bereaksi dengan menolak sebelum Anda dapat ditolak. Anda pergi sebelum Anda ditinggalkan,” kata Skeen.

Kontrol diri Anda jika memiliki perasaan ini. Ingatlah masa lalu dan jangan langsung bereaksi. Biarkan diri Anda untuk mengontrol pikiran dan perasaan Anda. Setelah emosi Anda mereda, Anda akan tahu jika ini tak ada hubungannya dengan masa lalu.  (Ningtriasih / sheknows.com)

Read it on MetroTV News

Copyright © 2024 Michelle Skeen Inc. All rights reserved.